Desain Arsitek Jogja

Selamat datang di blog Desain Arsitek Jogja. Jangan lupa kunjungi website kami di : http://desainarsitek.net/. Terimakasih.

05 December 2014

Mengenal Vinyl, Alternatif Lapisan Penutup Lantai Yang Cantik dan Terkesan Natural

Vinyl merupakan material baru dan mulai banyak dilirik oleh banyak orang. Vinyl ini adalah jenis lapisan lantai yang berbahan dasar dari campuran karet dan plastik, yang di lapis dengan motif pada permukaannya. Bahan ini lentur namun kuat karena terdiri dari beberapa lapisan. Bahan lapisan pembentuk vinyl adalah compact layer, glass fiber, dan printing layer. Lapisan paling luar adalah Uv Coated Wear Layer. Lapisan ini nampak mengkilap dan terkesan licin. Vinyl ini biasanya mempunyai ukuran lebar antara 1.8 – 2 meter. Sedangkan panjangnya bisa mencapai 20 meter/rol. Tebal vinyl sekitar 0.3mm.


Vinyl cocok untuk ruangan kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, ruang santai, ruang kantor, dll. Vinyl ini menjadiakan ruangan anda lebih indah dan terkesan natural dengan motif kayunya yang cantik.

Di Indonesia, vinyl masih banyak diimpor dari Eropa. Austria dan Belgia contoh dua negara produsen vinyl. Meski begitu, ada juga produsen dari Asia, yakni Korea dan Jepang.

Aplikasi Vinyl tidak terbatas hanya untuk hunian pribadi atau bangunan publik. Pada hunian, vinyl banyak diaplikasikan sebagai lantai ruang keluarga, ruang tamu, ruang santai, ruang tidur, dan dapur. Rumah sakit juga menjadi salah satu bangunan publik yang biasa menggunakannya dengan alasan kemudahan perawatannya dan segi kesehatan. Dengan memasang vinyl tidak terdapat celah atau nat (jarak antara) seperti pada keramik. Jika terdapat celah, maka bakteri akan dapat hinggap disitu. Selain itu ada hotel, perkantoran bahkan asrama sekolah.

Kelebihan yang ditawarkan bahan Vinyl sangatlah banyak. Vinyl kuat hingga tidak mudah robek. Selain itu juga, tahan panas dan air. Bahan ini juga mempunyai usia panjang sehingga menghemat pengeluaran. Disamping itu perawatannya yang mudah juga sering menjadi perhitungan dalam memilih vinyl ini.




Vinyl tersedia dalam beragam motif, bahkan ada yang berdesain emboss, saat ini baru motif natural yang banyak beredar di pasaran. Serat kayu dan tekstur batu alam merupakan yang paling populer. Bahkan saat ini vinyl sudah ada yang berbentuk tile, dan pemasangannya sangat mudah, tinggal ditempel pada lantai.


Yang perlu diingat adalah sebelum kita menggunakan vinyl, lantai kita sebaiknya tidak terdapat lubang dan seluruh bagian bidangnya rata. Sebab jika tidak, maka vinyl ini tidak akan menempel dengan sempurna.

Selamat berkarya. (dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment