Desain Arsitek Jogja

Selamat datang di blog Desain Arsitek Jogja. Jangan lupa kunjungi website kami di : http://desainarsitek.net/. Terimakasih.

04 December 2014

Mengenal Sanitair Kamar Mandi Dan Fungsinya

Anda ingin mendesain kamar mandi? Atau merenovasinya? Ada kalanya jika anda tahu dan paham mengenai macam-macam komponen sanitair untuk kamar mandi anda tersebut agar semua pekerjaan dapat terlaksana dengan baik sesuai keinginan anda.

Kamar mandi merupakan bagian yang kompleks, karena memerlukan berbagai peralatan sanitair. Peralatan sanitair tersebut merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari pekerjaan instalasi air. Anda harus merencanakan dahulu dimana posisi sanitair dan posisi untuk pemipaannya.

Penting untuk diperhatikan juga, pemilihan jenis sanitair harus ditentukan pada saat pekerjaan struktur karena akan berpengaruh terhadap sparing pipa air kotor yang akan ditanam di pelat lantai beton, selain itu dimensi dan ukuran instalasinya pun harus dipersiapkan dengan baik.

Untuk pemasangan sanitair unit yang besar seperti bathtub, closet duduk, urinal, wastafel dilaksanakan setelah pekerjaan pemasangan keramik atau homogenous tile dinding dan lantai, dimana sparing dan instalasinya telah dipersiapkan sebelumnya.

Berikut macam-macam sanitair beserta fungsinya :

Bathup

Bathtub, berfungsi sebagai tempat mandi atau berendam. Bathtub umumnya dipasang menempel pada sudut dinding dan lantai. Tetapi selain itu ada juga model bathtub yang berdiri di tengah atau free standing.
Whirpool

Whirlpool dan Jacuzzi, merupakan peralatan sanitair yang berbentuk seperti bathub tetapi memiliki fasilitas pengaturan air yang cukup lengkap. Kekuatan pancar dan suhu air bisa diatur. Biasanya peralatan sanitair ini digunakan untuk berendam.

Closet

Closet, berfungsi sebagai tempat buang air besar. Secara garis besar closet terbagi atas closet duduk / monoblok dan closet jongkok. Jika menggunakan closet jongkok, mungkin perlu dilengkapi dengan jetwasher atau kran dinding dan bak air atau ember. Sedangkan jika menggunakan closet duduk , mungkin perlu dilengkapi dengan jetwasher dan tempat tisu.

Jet Washer

Jet washer berfungsi untuk menyiram air sehabis menggunakan closet duduk. Bisa juga digunakan untuk cebok, dan biasanya diletakkan disamping closet duduk.

Urinoir
Urinal / Urinoir, berfungsi sebagai tempat buang air kecil untuk pria. Urinal umumnya menggantung pada dinding. Jika jumlah urinalnya banyak / lebih dari satu biasanya antara urinal satu dengan yang lain dibatasi dengan partisi urinal.

Bidet

Bidet, berfungsi sebagai tempat buang air kecil untuk wanita. Bidet merupakan peralatan sanitary yang paling jarang digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Wastafel

Wastafel, berfungsi sebagai tempat mencuci tangan. Secara garis besar terdapat dua macam tipe wastafel yaitu wastafel gantung dan wastafel meja. Wastafel gantung sendiri ada yang tipe gantung saja tetapi ada juga yang dilengkapi dengan pedestal.

Kran Air

Kran Air, merupakan peralatan sanitair yang berfungsi untuk membuka dan menutup aliran air dalam pipa.

Floor Drain
Floor Drain, sesuai namanya floor drain berfungsi untuk tempat buangan air agar tidak menggenang di toilet.

Shower

Shower, terdiri dari 2 macam yaitu hand shower dan fix shower head. Hand shower bisa digerakkan sedangkan fixed shower head biasanya dipasang di atas kepala dan tidak bisa digerakkan atau dipindahkan.

Robe Hook

Robe Hook, berfungsi sebagai tempat menggantung baju atau celana di kamar mandi atau toilet.

Towel Bar
Towel Bar, berfungsi sebagai tempat menggantungkan handuk yang berbentuk batang, biasanya ada di kamar mandi.

Towel Ring
Towel Ring, berfungsi sebagai tempat menggantungkan handuk kecil, biasanya terletak di samping wastafel.

Demikian beberapa jenis-jenis peralatan sanitair kamar mandi yang biasa digunakan. Semoga bermanfaat bagi anda. Salam.

sumber : dari berbagai sumber.

No comments:

Post a Comment